PERNYATAAN SIKAP RIEKE DIAH PITALOKA

9 Oct 2009

Pernyataan Sikap Rieke Diah Pitaloka Terkait Tragedi Kekerasan terhadap Hapsari, Pekerja Rumah Tangga Asal Wonosobo, Jawa Tengah.

Peristiwa mengenaskan yang menimpa pekerja rumah tangga (PRT) bernama Hapsari, 39 tahun menjadi bukti kekerasan terhadap para PRT terus saja terjadi.

Kita Memiliki KUH Pidana dan UU Penghapusan KDRT, namun melihat banyaknya kasus serupa yang menimpa PRT di dalam dan di luar negeri, membuktikan bahwa perangkat hukum yang ada tidaklah mencukupi untuk memberikan perlindungan terhadap korban dan efek jera kepada pelaku.

Menanggapi peristiwa tersebut maka, saya Rieke Diah Pitaloka, anggota DPR RI dari Fraksi PDI-Perjuangan menyatakan :

  1. Turut berduka cita sedalam-dalamnya kepada keluarga Hapsari dan mendoakan almarhumah mendapat tempat yang layak di sisi Allah S.W.T
  2. Negara harus sungguh-sungguh melindungi setiap warga negara sebagaimana tertuang dalam amanat Konstitusi UUD 1945.
  3. Mendorong RUU Pekerja Rumah Tangga untuk masuk kembali ke dalam Program Legislasi Nasional DPR RI periode 2009-2014 dan menjadi prioritas untuk segera di undangkan.
  4. Mendesak pihak kepolisian untuk melakukan penyelidikan dan penyidikan secara tuntas serta mendesak pihak yang berwenang untuk memberikan sanksi tegas pada pelaku.

Demikian pernyataan ini saya buat semata-mata untuk kehidupan berbangsa yang lebih adil dan beradab, salam juang … MERDEKA !!!.


TAGS


-

Author

Follow Me